Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Wisata Alam Eksotis Jawa Timur

Sekilas mengenal dari dekat tentang Taman Nasional Bromo Tengger Semeru sebagai kawasan konservasi dan wisata alam yang penting bagi Jawa Timur

taman nasional bromo tengger semeru

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru merupakan taman nasional yang berada di Jawa Timur. Sebelum resmi menjadi taman nasional, kawasan ini merupakan sebuah hutan yang berfungsi sebagai cagar alam. Selain itu, kawasan ini juga menjadi salah satu hutan wisata.

Kongres Taman Nasional Sedunia kemudian mengukuhkan kawasan Bromo Tengger Semeru sebagai taman nasional. Sehingga lingkungan kawasan ini perlu dilindungi. Kemudian potensi yang ada di dalamnya bersifat tradisional kuno perlu dilindungi.

Kawasan ini merupakan taman konservasi yang berada di tiga wilayah yaitu Malang, Lumajang, Probolinggo dan Pasuruan, Jawa Timur. Taman nasional ini memiliki laut pasir yang bernama laut pasir Tengger. Bagi anda yang ingin menghabiskan waktu liburan dengan nyaman, maka bisa mengunjungi kawasan ini.

Lokasi Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

Taman nasional ini terletak di wilayah Jawa Timur. Tepatnya terletak di sebelah timur Kota Malang kemudian sebelah tenggara Kota Surabaya. Sedangkan lokasi persisnya berada di Desa Cemara Lawang Ngadisari, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia.

Melansir dari Wikipedia, Taman Nasional Bromo ini mencakup empat wilayah administratif. Sebut saja Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Lumajang, Kabupaten Pasuruan, dan Kabupaten Malang. Bentangan luasnya dari arah timur mencapai 20 hingga 30 kilometer.

Kemudian dari arah utara ke selatan sekitar 40 kilometer. Luas wilayah taman nasional ini mencapai 50.276,3 hektare. Taman nasional ini juga masuk dalam kategori tempat wisata. Selain itu, tempat wisata ini memiliki fitur unik, seperti kerucut vulkanik yang sangat menarik. Fitur unik ini menjadi objek foto tersendiri. Ketinggiannya mencapai 2.100 meter dan luas areanya sekitar 5.250 hektare.

Tempat Wisata Menarik di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

Menjadi satu-satunya tempat wisata konservasi di Jawa Timur, membuat Bromo Tengger Semeru memiliki daya tarik tersendiri. Tempat wisata ini menjadi rumah bagi beberapa pegunungan tinggi.

Selain itu, juga terdapat lembah dengan luas sekitar 50.273,3 hektare. Menikmati liburan ke kawasan ini tentunya sangat menarik. Apalagi dengan mengunjungi tempat-tempat ikonik yang mengundang banyak perhatian. 

Berikut ini beberapa tempat wisata yang wajib anda kunjungi ketika berlibur ke kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Simak selengkapnya!

1# Air Terjun Madakaripura (Madakaripura Waterfall)

Air terjun Madakaripura ini masuk dalam wilayah Taman Bromo Tengger Semeru. Lokasinya di Kecamatan Lumbang, Probolinggo, Surabaya, Jawa Timur. Tepatnya di Dusun Branggah, Desa Negororejo. 

Dengan ketinggian sekitar 200 meter, menjadikan Madakaripura sebagai air terjun tertinggi di Pulau Jawa. Sama halnya dengan tempat wisata lainnya, Madakaripura merupakan air terjun dengan banyak keindahan. 

Mulai dari bentuknya seperti ceruk yang dikepung oleh bukit-bukit. Kemudian memiliki tetesan air yang membasahi seluruh bidang tebing seperti air hujan. Menariknya, ada 3 aliran air yang mengucur dan membentuk air terjun lagi. Tak heran jika wisatawan banyak yang mampir ke kawasan ini.

2. Ranu Kumbolo

Selanjutnya adalah danau yang berada di kaki gunung Semeru. Danau yang bernama Ranu Kumbolo ini memiliki luas sekitar 15 hektare dan menjadi kawasan wisata paling indah. Bahkan ada yang menyebutnya sebagai "Surga di Kaki Gunung Semeru". 

Danau Ranu Kumbolo sering menjadi tempat transit bagi para pendaki. Berada di ketinggian sekitar 2.400 mdpl, membuat visual danau ini semakin mempesona. Apalagi dengan sumber air tawarnya yang sangat bersih. Berwisata ke Taman Nasional Bromo Tengger Semeru wajib mengunjungi danau ini.

Danau ini juga cocok sebagai tempat berburu sunrise dan sunset. Para wisatawan bisa menikmati indahnya pemandangan di kawasan ini. Hal yang lebih menarik adalah para wisatawan bisa menyaksikan fenomena Milky Way yang sangat khas.

3# Ranu Pani

Tempat wisata lainnya yang tidak boleh anda lewatkan adalah Danau Ranu Pani. Danau ini terletak di Desa Ranu Pani, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang. Dana Ranu Pani memiliki luas sekitar 0,75 hektare. Dari danau ini, para wisatawan bisa melihat Gunung Semeru. 

Ranu Pani merupakan jalur yang biasa digunakan untuk melakukan pendakian. Hal ini karena Ranu Pani merupakan jalur yang aman dan memudahkan untuk eksplorasi.

4# Gunung dan Kawah Bromo

Mengunjungi Taman Nasional Bromo Tengger Semeru jangan melewatkan wisata Gunung Bromo. Terkadang tujuan utama dari para wisatawan adalah berkunjung ke Gunung Bromo. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 2.329 meter. 

Salah satu daya tarik dari tempat wisata ini adalah Bromo Sunrise. Para wisatawan akan disuguhkan sunrise yang sangat menakjubkan jika berkunjung ke Gunung Bromo. Selain terkenal akan sunrise-nya, ada beberapa spot menarik lainnya yang ada di Gunung Bromo. 

Seperti Pasir Berbisik Bromo, Bukit Teletubbies Bromo, Padang Rumput Savana Bromo, hingga Kawah Gunung Bromo. Agar bisa sampai ke Gunung Bromo, para pengunjung bisa menyewa jeep dan kuda. Harga untuk sewa kuda dan jeep berbeda-beda. Sehingga anda perlu menyiapkan biaya yang sekiranya cukup.

5# Gunung Semeru

Gunung Semeru memiliki ketinggian sekitar 3.676 mdpl dan menjadi puncak Mahameru. Dengan ketinggian tersebut, Semeru menjadi salah satu gunung tertinggi di Pulau Jawa. Banyak wisatawan yang berkunjung ke Semeru untuk melakukan pendakian. 

Ada empat jalur trekking yang bisa anda lalui agar bisa mendaki ke Gunung Semeru. Dimana melalui Probolinggo, Pasuruan, Lumajang, dan Malang. Kemudian bisa melanjutkan perjalanan ke Danau Ranu Pani. Danau ini menjadi titik start pendakian dari Gunung Semeru. 

Beberapa kawasan wisata tersebut wajib anda kunjungi ketika berlibur. Banyak keindahan yang bisa anda dapatkan ketika berkunjung ke kawasan tersebut. Pastikan anda membawa kamera atau smartphone untuk mengabadikan keindahan tersebut.

Harga Tiket Masuk Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

Banyak tempat wisata yang ada di taman nasional ini. Sehingga untuk memasuki salah satu tempat wisata tersebut harus membayar tiket. Tarif tiket untuk setiap tempat wisata berbeda-beda. 

Harga tiketnya sekitar Rp 29.000 hingga Rp 35.000 untuk warga lokal. Sedangkan untuk wisatawan mancanegara mencapai Rp 220.000. 

Tiket tersebut hanya bisa digunakan untuk sekali pakai. Apabila anda ingin berkunjung ke kawasan ini, jangan lupa untuk membawa budget yang cukup.

Tips Mengunjungi Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

Ketika berlibur ke suatu tempat, pastinya ada beberapa tips yang perlu anda perhatikan. Tips ini berfungsi agar perjalanan anda semakin nyaman. Berikut ini tips penting ketika berkunjung ke taman nasional yang ada di Jawa Timur ini: 

  1. Jangan sampai salah kostum jika ingin berkunjung ke kawasan ini. Tidak perlu terlalu formal asalkan nyaman untuk digunakan. 
  2. Untuk menikmati sunrise, maka bisa melihat sekitar pukul 05.00 hingga 06.00. Apabila dari hotel, maka anda harus mengejar sunrise sejak pukul 03.00 agar lebih maksimal. 
  3. Menikmati sunrise yang paling tepat sekitar musim panas, yakni sekitar bulan April hingga Oktober. 
  4. Apabila anda ingin melakukan pendakian, maka jangan lupa membawa bekal secukupnya. Pastikan pula membawa peralatan dan obat-obatan yang sesuai. 

Banyak kegiatan yang bisa dilakukan ketika berkunjung ke Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Tidak hanya menikmati indahnya pemandangan, tetapi juga bisa berkemah (camping) dan melakukan pendakian.

COMMENTS

wisata green canyon
explore gunung bromo sunrise
Nama

b29 bromo,1,batu,5,bromo,10,coban talun,1,destinasi,9,explore bromo,15,explore ijen,1,gili labak,1,goa tetes,1,informasi,20,jeep batu,1,jeep bromo,6,jeep gunung,5,jeep malang,1,jeep pasuruan,1,jeep probolinggo,1,jeep surabaya,1,jeep tumpang,1,jeepgunung,1,malang selatan,3,modern,2,penginapan,1,pulau menjangan,1,pulau tabuhan,1,sendangbiru,3,sunrise point,2,taman nasional baluran,1,tumpak sewu,1,wisata air terjun,5,wisata alam,8,wisata bromo,1,wisata gunung,10,wisata jawa timur,2,wisata modern,1,wisata pantai,6,
ltr
item
Explore Batu Malang: Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Wisata Alam Eksotis Jawa Timur
Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Wisata Alam Eksotis Jawa Timur
Sekilas mengenal dari dekat tentang Taman Nasional Bromo Tengger Semeru sebagai kawasan konservasi dan wisata alam yang penting bagi Jawa Timur
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjScykB420bEaC2ALmDVXruy7c6ff08uvyANp5s4C_-YBf_gCxXLbvfuQ1kPIzd9hx0hSi6skhMyfi7TPTVUuPky6C54tY-DuIqTZrrkop7n-qRucabqy9S40F4X33pUP0YKTpmXHyNLxs/s0/bromo-tengger-sermeru.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjScykB420bEaC2ALmDVXruy7c6ff08uvyANp5s4C_-YBf_gCxXLbvfuQ1kPIzd9hx0hSi6skhMyfi7TPTVUuPky6C54tY-DuIqTZrrkop7n-qRucabqy9S40F4X33pUP0YKTpmXHyNLxs/s72-c/bromo-tengger-sermeru.jpg
Explore Batu Malang
https://www.batu-malang.com/2020/09/taman-nasional-bromo-tengger-semeru.html
https://www.batu-malang.com/
https://www.batu-malang.com/
https://www.batu-malang.com/2020/09/taman-nasional-bromo-tengger-semeru.html
true
6825596625177321702
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy