Gunung Bromo, Pesona Wisata Alam Jawa Timur

Wisata Gunung Bromo di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Icon Wisata Jawa Timur dan Populer di seluruh dunia

Lautan Pasir Gunung Bromo

Daya tarik Gunung Bromo yang istimewa adalah kawah di tengah kawah dengan lautan pasirnya yang membentang luas di sekeliling kawah Bromo yang sampai saat ini masih terlihat mengepulkan asap putih setiap saat, manandakan Gunung ini masih aktif.

Gunung Bromo (2.329 m dpl), adalah salah satu gunung dari beberapa gunung lainnya yang terhampar di kawasan Komplek Pegunungan Tengger, berdiri diareal Kaldera berdiameter 8-10 km dengan dinding kalderanya mengelilingi laut pasir sangat terjal dengan kemiringan ± 60-80 derajat dan tinggi berkisar antara 200-600 meter.

Sejarah Pembentukan Gunung Bromo

Menurut sejarah terbentuknya Gunung Bromo dan lautan pasir berawal dari dua gunung yang saling berimpitan satu sama lain. Gunung Tengger (4.000 m dpl) yang merupakan gunung terbesar dan tertinggi pada waktu itu. Kemudian terjadi letusan kecil, materi vulkanik terlempar ke tenggara sehingga membentuk lembah besar dan dalam sampai ke desa Sapi kerep. Letusan dahsyat kemudian menciptakan kaldera dengan diameter lebih dari delapan kilometer.

gunung Batok

Karena dalamnya kaldera, materi vulkanik letusan lanjutan tertumpuk di dalam dan sekarang menjadi lautan pasir dan di duga dulu kala pernah terisi oleh air dan kemudian aktivitas lanjutan adalah munculnya lorong magma ditengah kaldera sehingga muncul gunung - gunung baru antara lain Lautan pasir, gunung Widodaren, gunung Watangan, gunung Kursi, gunung Batok dan Gunung Bromo. [next]

Komplek Pegunungan Tengger

Gunung Bromo termasuk bagian salah satu gunung yang berada di Komplek Pegunungan Tengger. Pada hamparan pasir yang sangat luas (Laut Pasir) dengan gunung-gunung di tengahnya yaitu: Gunung Bromo (2.392 m dpl), Gunung Batok ( 2.440 m dpl), Gunung Widodaren (2.614 m dpl), Gunung Watangan (2.601 m dpl) dan Gunung Kursi (2.581 m dpl).

di bibir kawah gunung bromo

Dinding kaldera yang mengelilingi laut pasir sangat terjal dengan kemiringan ±60-80 derajat dan tinggi berkisar antara 200-600 meter.

Di keliling kaldera Tengger terdapat beberapa gunung diantaranya adalah gunung Penanjakan (2.770 m dpl.), gunung Cemorolawang, Lingker (2.278m dpl.), gunung Pundak Lembu (2.635 m dpl.), gunung Jantur (2.705 m dpl.), gunung Ider-ider (2.527 m dpl.) serta gunung Mungal (2.480 m dpl.).

Sedangkan pada Komplek Pegunungan Jambangan terdapat gunung Lanang (2.313 m dpl), Ayek-ayek (2.819 m dpl), gunung Panggonan Cilik (2.883 m dpl), gunung Keduwung (2.334 m dpl), gunung Jambangan (3.020 m dpl), gunung Widodaren (2.000 m dpl), gunung Kepolo (3.035 m dpl), gunung Malang (2.401 m dpl), dan gunung Semeru dengan puncaknya Mahameru (3.676 m dpl).

Menikmati Matahari Terbit Bromo dari Puncak Tertinggi

Salah satu atraksi yang paling menarik di atas Gunung Bromo adalah Matahari terbit. Gumpalan awan yang menutup langit perlahan - lahan tersibak oleh bola putih kekuning-kuningan. Cahaya merah merona diufuk timur. Perlahan-lahan timbulah temberang yang kian membesar hingga membentuk setengah lingkaran sang surya yang merah menyala. Berangsur-angsur warnanya berubah menjadi keemasan.

menikmati matahari pagi dari pananjakan

Udara sekitar mulai menerang. Mulailah suatau hari dan kehidupan yang baru. Semuanya mengingatkan kita akan kebesaran Tuhan Yang Maha Esa. Kecuali di puncak Bromo, atraksi matahari terbit bisa di lihat di Puncak Pananjakan. [next]

Upacara Kasada di Bromo

menuju kawah bromo dari tangga

Pada tanggal 14 dan 15 bulan ke duabelas (tahun Jawa) atau bulan Desember/Januari (tahun Masehi) diadakan upacara Kasada. Dalam upacara ini dikorbankan sebagian hasil sawah, ladang dan ternak masyarakat dengan melemparkannya ke kawah Gunung Bromo sebagai tanda syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Selain Upacara Kasodo juga di kenal Upacara Karo Dan Ayak-ayak. [next]

Menuju Lokasi Bromo

para wisatawan menikmati pesona gunung Bromo

Dari Surabaya. Untuk menuju Gunung Bromo dari arah Pasuruan. Dari Surabaya kita naik bis menuju Probolinggo dan turun di Pasuruan yang membutuhkan watu 1,5 jam. Selanjutnya naik colt menuju Desa Tosari - Wonokitri. Di Wonokitri kita dapat bermalam di hotel atau losmen atau dapat juga langsung meneruskan per-jalanan menuju Gunung Pananjakan atau masuk ke lautan pasir menuju puncak Gunung Bromo. Bila dari arah Probolinggo, kita naik colt atau bis menuju Sukapura, kemudian kita terus ke Ngadisari.

Dari Ngadisari naik kuda atau berjalan kaki menuju Cemoro Lawang ± 3 km. Di Cemoro lawang kita dapat bermalam di hotel atau losmen. Besuk pagi kita dapat melanjutkan perjalanan ke kawah Gunung Bromo, yang dapat ditempuh dengan berjalan kaki atau naik kuda yang disewakan oleh masyarakat setempat. Bila dari arah Malang kita bisa lewat Jemplang, Ngadas. Dari Malang naik minibus menuju ke Tumpang (18 Km) sekitar 30 menit.

Dari Tumpang perjalanan kita lanjutkan dengan naik Jeep menuju ke Jemplang sekitar 1,5 jam perjalanan melewati Desa Gubuk Klakah dan Desa Ngadas. Disekitar perjalanan kita dapat menyaksikan pemandangan alam yang berupa kebun-kebun penduduk yang berada di lereng-lereng gunung dan hutan alam yang masih asli. Memasuki Desa Ngadas di sekitar jalan kita melewati hutan cemara yang tertata rapi. Kondisi jalan dari Tumpang menuju Jemplang sekarang sudah baik.

Dari Jemplang perjalanan kita teruskan menuju ke Gunung Bromo melewati jalan berbatu dan lautan pasir selama 1 jam perjalanan dengan Trekking. Bila lewat Purwodadi, dari Kota Malang kita naik Bus atau minibus menuju ke Purwodadi selam 30 menit. Dari Purwodadi kita naik minibus menuju ke Desa Tosari, melewati Desa Nonggojajar selama 1,5 jam perjalanana. Dari Tosari kita teruskan menuju Wonokitri. Menuju Kawah Gunung Bromo dapat didaki melalui tangga buatan (249 buah), dari sini akan terlihat kawah Bromo mengangah lebar dengan kepulan asap yang keluar dari dasarnya.

COMMENTS

wisata green canyon
explore bromo
Nama

batu,4,destinasi,3,explore bromo,8,explore ijen,1,malang selatan,3,modern,2,penginapan,1,sendangbiru,3,wisata air terjun,2,wisata alam,5,wisata gunung,6,wisata jawa timur,2,wisata modern,1,wisata pantai,3,
ltr
item
Explore Batu Malang: Gunung Bromo, Pesona Wisata Alam Jawa Timur
Gunung Bromo, Pesona Wisata Alam Jawa Timur
Wisata Gunung Bromo di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Icon Wisata Jawa Timur dan Populer di seluruh dunia
https://3.bp.blogspot.com/-mYnUlo5jVWQ/VvtkXabD1LI/AAAAAAAAClU/dGc2YajRuLYpcOung93cfItKvUvqgFleA/s640/lautan-pasir-bromo.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-mYnUlo5jVWQ/VvtkXabD1LI/AAAAAAAAClU/dGc2YajRuLYpcOung93cfItKvUvqgFleA/s72-c/lautan-pasir-bromo.jpg
Explore Batu Malang
https://www.batu-malang.com/2016/03/wisata-gunung-bromo.html
https://www.batu-malang.com/
https://www.batu-malang.com/
https://www.batu-malang.com/2016/03/wisata-gunung-bromo.html
true
6825596625177321702
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy