Taman Nasional Baluran, Africa van Java atau Little Africa in Java

Taman Nasional Baluran merupakan kawasan konservasi tumbuhan dan satwa liar di Jawa Timur, dijuluki sebagai Africa van Java karena bentangan alamnya


Taman Nasional Baluran, terletak di wilayah Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Provinsi Jawa Timur ini dijuluki sebagai Africa van Java atau Little Africa in Java. Memiliki luas 25.000 Ha dengan bentangan alam mirip seperti di Benua Africa pada umumnya yaitu berupa Padang Savana yang luas dengan banyaknya kehidupan satwa liar didalamnya dan sejauh mata memandang yang tampak adalah padang tandus, tumbuh pohon-pohon yang kering dan tanahnya banyak bebatuan.

Satwa liar yang hidup didalam Taman Nasional Baluran seperti rusa, banteng, kerbau, monyet ekor panjang dan burung merak. Keberadaan ekosistem savana serta bentangan alam inilah yang menjadi ciri khas kawasan konservasi Taman Nasional Baluran. Nama taman nasional ini diambil dari sebuah gunung yang berdekatan dengan lokasi taman nasional ini yaitu Gunung Baluran.

Wisata Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran sebagai kawasan konservasi tumbuhan dan satwa liar ini juga dijadikan sebagai objek wisata yang sering dikunjungi oleh wisatawan dan masyarakat untuk berbagai keperluan, memiliki beberapa area yang menjadi tujuan wisata seperti Gua Jepang, Curah Tangis, Sumur Tua, Visitor Center, Evergreen Forest, Savana Bekol, Savana Semiang, Pantai Bama, Manting, Dermaga, Kramat, Kajang, Balanan, Lempuyang, Talpat, Kacip, Bilik, Sejileh, Teluk Air Tawar, Batu Numpuk, Pandean dan Candi Bang.

Di dalam Taman Nasional Baluran ini terdapat sekitar 444 tumbuhan yang tergolong ke dalam 87 familia meliputi 24 jenis tumbuhan eksotik, 265 jenis tumbuhan penghasil obat-obatan dan 37 jenis merupakan tumbuhan yang hidup pada ekosistem mangrove.

Secara garis besar keanekaragaman fauna dalam kawasan Taman Nasional Baluran dapat dikelompokkan ke dalam ordo mamalia (28 jenis), burung (196), ikan dan reptilia. Dari jenis-jenis yang diketahui tersebut 47 jenis merupakan satwa yang dilindungi undang-undang yaitu insektivora (5 jenis), karnivora (5), herbivora (4), burung (32) dan reptilia (1). Sementara mamalia besar yang khas di Taman Nasional Baluran adalah banteng (Bos javanicus) sebagai maskot.

Spot Wisata Taman Nasional Baluran

Berkunjung ke Taman Nasioanal Baluran tentunya bukan hanya menyaksikan kehidupan satwa liar dan pemandangan yang ada di savana saja. Objek wisata ini juga mempunyai beberapa spot wisata yang sering dikunjungi dan jadi spot wisata favorit oleh banyak wisatawan. Berikut ini adalah spot wisata menarik yang bisa anda explore nantinya ketika berkunjung ke Taman Nasional Baluran.

#1. Goa Jepang

Goa ini sebagai salah satu peninggalan sejarah yang menjadi bukti bahwasanya pernah terjadi penjajahan oleh Jepang di wilayah ini. Goa Jepang ini juga sebagai gerbang masuk menuju ke Taman Nasional Baluran yang menyediakan pemandangan alam yang sangat cantik, berada pada area depan kantor Balai Taman Nasional Baluran. Luas goa ini 12 meter persegi digunakan oleh tentara Jepang sebagai tempat penyimpanan amunisi dan juga sebagai benteng pertahanan tentara Jepang.

#2. Hutan Evergreen

Berada dan menjelajah hutan disini serasa berjalan melewati terowongan yang hijau dengan banyaknya pohon-pohon tropis yang menjadi rumah nyaman bagi berbagai spesies hewan. Apalagi bila anda berkunjung pada bulan Januari sampai Februari, hutan ini memiliki pemandangan yang sangat cantik dengan segerombolan kupu-kupu terbang di genangan air yang ada di sekitar hutan. Hutan Evergreen ini adalah jalan satu-satunya untuk menuju ke Padang Savana di Taman Nasional Baluran.

#3. Savana Bekol

Savana Bekol merupakan Padang Savana dan spot utama yang menjadi daya tarik wisata dari Taman Nasional Baluran karena kecantikan pemandangan alamnya. Berada di Padang Savana ini anda bisa mengabadikan berbagai macam foto pemandangan alam seperti pohon besar yang tumbuh di tengah padang rumput, pemandangan dengan latar belakang Gunung Baluran dan satwa liar yang berkeliaran di alam bebas. Pada saat musim hujan, pemandangan di sini akan tampak begitu hijau, namun bila musim kemarau pemandangan yang disuguhkan tampak gersang dan tandus layaknya seperti di Africa.

#4. Menara Pandang

Bangunan ini dibangun untuk membantu wisatawan menikmati pemandangan savana dari tempat ketinggian. Sayang rasanya jika anda berkunjung ke Taman Nasional Baluran tidak singgah ke tempat ini. Dari tempat ini wisatawan bisa mengamati kehidupan satwa liar yang ada di Savana Bekol seperti ayam hutan, kijang, rusa, kerbau liar hingga banteng yang menjadi maskot Taman Nasional ini. Pemandangan yang sangat menarik adalah melihat rusa liar berlari-larian dengan gerombolannya dan satwa-satwa yang ada di Savana Bekol ini sudah banyak yang terancam punah.

#5. Pantai Bama

Pantai cantik ini terasa masih begitu alami dan menjadi spot wisata paling hits akhir-akhir ini. Pantai ini hanya berjarak 3 kilometer dari Savana Bekol dan bisa untuk mencari ketenangan selama berada di Taman Nasional Baluran. Spot wisata Pantai Bama juga telah di lengkapi dengan fasilitas penginapan yang tidak jauh dari pantai. Dari penginapan anda bisa duduk-duduk menghadap ke pantai sambil menikmati tenggelamnya matahari, namun sayangnya fasilitas di lokasi ini belum dilengkapi listrik bahkan sinyal pun sangat susah. Walaupun begitu, tidak mengurangi minat wisatawan untuk berkunjung ke Pantai Bama.

paket open trip bromo damri surabaya

#6. Dermaga Mangrove

Dermaga ini berada sekitar 100 meter dari bagian Pantai Bama menuju ke arah selatan, untuk menuju ke dermaga ini anda harus melewati jalan setapak yang berada dalam hutan mangrove. Dari dermaga ini wisatawan bisa menyaksikan hamparan pasir putih Pantai Bama yang menjadi spot wisata yang paling ramai dikunjungi karena keberadaan Dermaga Mangrove Bama. Pemandangan dari dermaga adalah terdapatnya tanaman mangrove yang sangat terawat dengan pemandangan laut yang cantik menjadikan spot wisata ini terkenal sebagai spot romantis.

#7. Perairan Pantai Bama

Pantai Bama tidak hanya memiliki hamparan pasir putih yang masih alami, pemandangan hutan mangrovenya, begitu juga dengan menikmati pemandangan matahari tenggelam, akan tetapi juga memiliki perairan bawah laut yang sangat cantik untuk aktivitas Snorkeling. Bagi penggemar snorkeling untuk melakukan aktivitas tersebut tanpa harus menyewa perahu, cukup dengan langsung menuju ke tengah laut berjarak 100 hingga 200 meter dari pinggir pantai. Hamparan karang dari pemandangan bawah laut dan berbagai macam jenis ikan serta hewan air bisa anda nikmati di perairan yang dangkal, namun jika anda belum merasa puas bisa menyewa perahu untuk menikmati pemandangan bawah laut di perairan yang lebih dalam.

#8. Pantai Bilik Sijie

Pantai ini memang belum banyak dikenal oleh wisatawan, namun keindahan alam di sekitar pantai ini boleh diacungi jempol. Bahkan banyak wisatawan yang penasaran dan mulai tertarik untuk mengunjungi pantai ini. Memiliki ombak yang begitu tenang dan tampak lebih indah lagi dengan suguhan matahari terbenam di sore hari. Selain menampilkan langit yang berwarna jingga dan melihat sunset di lokasi pantai yang bersih akan lebih sempurna lagi di dukung dengan pemandangan Gunung Baluran.

#9. Pantai Balanan

Taman Nasional Baluran saat ini menjadi perhatian para wisatawan karena memiliki banyak pantai, salah satunya adalah Pantai Balanan yang tidak jauh dari Pantai Bama. Anda cukup berjalan kaki sejauh 3 kilometer menuju bagian barat dari Pantai Bama. Walaupun harus menempuh perjalanan yang melelahkan, tapi akan terbayar lunas rasa letih anda setelah sampai di pantai ini dengan pemandangan yang begitu mempesona. Pantai Balanan memiliki hamparan pasir putih, bahkan wisatawan dapat melihat dengan jelas terumbu karang dikarenakan air di pantai ini masih sangat jernih.

#10. Pantai Pandeyan

Pantai Pandeyan memang masih kalah dengan Pantai Bilik Sijie tentang pemandangan terbaik matahari terbenam, akan tetapi Pantai Pandeyan juga tidak kalah cantik menyuguhkan pemandangan sunrise dan sunset di pantai ini. Pantai Pandeyan berada di sebelah timur Taman Nasional Baluran, spot wisata ini jadi aktivitas nelayan lokal dengan kehidupan dan mata pencaharian mereka yang bisa disaksikan oleh wisatawan bila berkunjung ke pantai ini.

harga sewa jeep wisata gunung bromo

sewa jeep wisata fun offrod

COMMENTS

wisata green canyon
explore gunung bromo sunrise
Nama

b29 bromo,1,batu,5,bromo,10,coban talun,1,destinasi,9,explore bromo,15,explore ijen,1,gili labak,1,goa tetes,1,informasi,20,jeep batu,1,jeep bromo,6,jeep gunung,5,jeep malang,1,jeep pasuruan,1,jeep probolinggo,1,jeep surabaya,1,jeep tumpang,1,jeepgunung,1,malang selatan,3,modern,2,penginapan,1,pulau menjangan,1,pulau tabuhan,1,sendangbiru,3,sunrise point,2,taman nasional baluran,1,tumpak sewu,1,wisata air terjun,5,wisata alam,8,wisata bromo,1,wisata gunung,10,wisata jawa timur,2,wisata modern,1,wisata pantai,6,
ltr
item
Explore Batu Malang: Taman Nasional Baluran, Africa van Java atau Little Africa in Java
Taman Nasional Baluran, Africa van Java atau Little Africa in Java
Taman Nasional Baluran merupakan kawasan konservasi tumbuhan dan satwa liar di Jawa Timur, dijuluki sebagai Africa van Java karena bentangan alamnya
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi4fJD1SkbOE4DyrxDd_-IFGN12Bnd4GagENBmPMs6vJw5AatreHVR9ZJZfJL2wzxVoAFTIvosg48w0SK5irH_U757za0B5wVKIf31qs_3yut36eSLnxD06_qGXT_etyCCCVgVL4Y51sujRRIKt77wxBZxO2rKPaMFVF1BAIrEYIZR7fZLhcrIZts5Q/s1000/taman-nasional-baluran.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi4fJD1SkbOE4DyrxDd_-IFGN12Bnd4GagENBmPMs6vJw5AatreHVR9ZJZfJL2wzxVoAFTIvosg48w0SK5irH_U757za0B5wVKIf31qs_3yut36eSLnxD06_qGXT_etyCCCVgVL4Y51sujRRIKt77wxBZxO2rKPaMFVF1BAIrEYIZR7fZLhcrIZts5Q/s72-c/taman-nasional-baluran.png
Explore Batu Malang
https://www.batu-malang.com/2023/02/taman-nasional-baluran.html
https://www.batu-malang.com/
https://www.batu-malang.com/
https://www.batu-malang.com/2023/02/taman-nasional-baluran.html
true
6825596625177321702
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy