Wisata Pulau Menjangan Bali

Wisata Pulau Menjangan di Pulau Bali bagian utara, merupakan bagian dari Taman Nasional Bali Barat dan termasuk kawasan perlindungan bagi rusa liar

destinasi wisata pulau menjangan bali

Pulau Menjangan Bali, sebuah pulau kecil tak berpenghuni, luasnya lebih kurang 175 hektar, terletak 5 mil barat laut Pulau Bali dan merupakan bagian dari Taman Nasional Bali Barat. Pulau ini banyak di huni oleh kawanan rusa liar yang menjadi ciri khas dan salah satu daya tarik pulau ini. Dalam bahasa Jawa "Menjangan" artinya adalah rusa atau kijang dan ini yang menjadi latar belakang penamaan pulau ini menjadi Pulau Menjangan.

Destinasi Wisata Pulau Menjangan

objek wisata pulau menjangan bali

Menjangan Island atau Pulau Menjangan, pulau dengan profil pantai yang sebagian besar bertebing batu, pulau ini terbentuk karena adanya proses pengangkatan dasar laut yang berupa batuan kapur dan karang. Pantai Pulau Menjangan memiliki pasir putih yang berasal dari pecahan-pecahan karang yang lapuk dan menjadi pasir.

Pulau Menjangan termasuk kawasan wisata yang dilindungi terdiri atas daratan dan perairan, merupakan kawasan perlindungan bagi rusa liar yang semakin menurun populasinya menjadikan pulau ini sebagai salah satu taman nasional yaitu Taman Nasional Bali Barat (TNBB). Upaya ini dilakukan untuk menjaga kelestarian rusa dan keanekaragaman hayati yang ada di Pulau Menjangan.

Daya Tarik Wisata Pulau Menjangan

pulau menjangan taman nasional bali barat

Daya tarik utama dari Menjangan island adalah pada keindahan pemandangan alam bawah lautnya, maka Menjangan island menjadi salah satu lokasi terbaik untuk tempat snorkeling dan diving di Pulau Bali. Keindahan bawah laut di Pulau Menjangan sangat khas dan berbeda dengan yang lain.

Selain berbentuk tebing terdapat gua-gua di bawahnya yang menjadi tempat karang lunak tumbuh mulai dari kedalaman 10 meter. Jarak pandang di bawah laut apabila dalam cuaca yang baik dapat mencapai 50 meter dan arus yang tidak terlalu kuat mendukung aktivitas pariwisata bahari.

Saat wisatawan sampai di pulau ini, akan melihat kawasan pantai pasir putih. Selain itu air laut yang berwarna biru dengan gradasi warna hijau. Hal yang membuat adanya gradasi warna pada air laut, karena di dasar laut terdapat banyak plankton yang tumbuh subur.

snorkeling pulau menjangan bali

Selain plankton, di dasar laut terdapat terumbu karang masih alami dan di huni oleh ikan warna-warni. Ikan-ikan dan karang berwarna-warni juga hidup di perairan ini seperti Angle fish, Clown fish, Bat fish, Moray eel, Nudibranch, Sea fans, Anemone, Sponge coral dan masih banyak lagi.

Pulau Menjangan ini memang tidak di huni tetap oleh manusia, salah satu alasan adalah susahnya mendapatkan sumber air tawar, apalagi pada saat musim kemarau, kondisi di pulau ini sangat kering dan gersang. Walaupun tidak dihuni secara tetap oleh manusia akan tetapi di pulau ini masih ramai dikunjungi sebagai tempat wisata dan sebagai tempat sembahyang umat hindu.

Terdapat tujuh pura yang tersebar di Pulau Menjangan yaitu Pura Taman, Pesraman Agung Brahma Ireng, Pagoda Agung Dewi Kwan Im, Pendopo Ida Bhatara Dalem Gajah Mada, Pura Sang Hyang Siwa Pasupati, Pelinggih Ida Bhatara Lingsir Watu Renggong dan Pelinggih Sang Hyang Ganesha. Pura ini ramai dikunjungi saat acara Tirta Yatra yaitu kegiatan mengunjungi pura yang berada di luar daerah dengan tujuan sembahyang.

paket open trip bromo damri surabaya

Cara Menuju ke Pulau Menjangan

rute menuju pulau menjangan bali

Menjangan Island adalah pulau kecil dan terpisah dari daratan Pulau Bali. Bagi wisatawan yang ingin liburan ke Pulau Menjangan bisa menuju ke wilayah pelabuhan Labuhan Lalang. Pelabuhan Labuhan Lalang adalah sebuah pelabuhan yang terletak di kawasan wisata Bali Utara. Dari pelabuhan Labuhan Lalang, anda akan naik perahu selama 30 menit menuju ke Menjangan island.

Di sekitar area pelabuhan banyak tempat yang menawarkan jasa snorkeling dan scuba diving. Terdapat juga beberapa warung yang menyediakan makanan ringan dan minuman. Selain itu pemandangan laut di sekitar Pelabuhan Labuhan Lalang sangat indah apalagi pemandangan Pulau Menjangan dari pelabuhan ini sudah kelihatan indah dan mempesona.

sewa jeep wisata fun offrod

harga sewa jeep wisata gunung bromo

COMMENTS

wisata green canyon
explore gunung bromo sunrise
Nama

b29 bromo,1,batu,5,bromo,10,coban talun,1,destinasi,9,explore bromo,15,explore ijen,1,gili labak,1,goa tetes,1,informasi,20,jeep batu,1,jeep bromo,6,jeep gunung,5,jeep malang,1,jeep pasuruan,1,jeep probolinggo,1,jeep surabaya,1,jeep tumpang,1,jeepgunung,1,malang selatan,3,modern,2,penginapan,1,pulau menjangan,1,pulau tabuhan,1,sendangbiru,3,sunrise point,2,taman nasional baluran,1,tumpak sewu,1,wisata air terjun,5,wisata alam,8,wisata bromo,1,wisata gunung,10,wisata jawa timur,2,wisata modern,1,wisata pantai,6,
ltr
item
Explore Batu Malang: Wisata Pulau Menjangan Bali
Wisata Pulau Menjangan Bali
Wisata Pulau Menjangan di Pulau Bali bagian utara, merupakan bagian dari Taman Nasional Bali Barat dan termasuk kawasan perlindungan bagi rusa liar
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiQdCAKzNHHZWZKs1EdZOwnmqVwtpOCaRd7e3bvM_8aNll7cZ0PDdFOk5tn_c5W08bls16SBT6oXsbogfdsAXDWob0QqluoMYC-zC_UevQy-IEk4sKZNndpQBTCnI5m_Rao5QhCwA5nxCD898k5DRgUa1ALaTg1cVlDyIHohbRO7i6GCG16JWcDvWY2/s1600/wisata-pulau-menjangan-bali.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiQdCAKzNHHZWZKs1EdZOwnmqVwtpOCaRd7e3bvM_8aNll7cZ0PDdFOk5tn_c5W08bls16SBT6oXsbogfdsAXDWob0QqluoMYC-zC_UevQy-IEk4sKZNndpQBTCnI5m_Rao5QhCwA5nxCD898k5DRgUa1ALaTg1cVlDyIHohbRO7i6GCG16JWcDvWY2/s72-c/wisata-pulau-menjangan-bali.png
Explore Batu Malang
https://www.batu-malang.com/2023/01/wisata-pulau-menjangan-bali.html
https://www.batu-malang.com/
https://www.batu-malang.com/
https://www.batu-malang.com/2023/01/wisata-pulau-menjangan-bali.html
true
6825596625177321702
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy